Skip to main content

Protocol Routing

PROTOCOL ROUTING


PENGERTIAN

      Routing protokol adalah komunikasi antara router. Routing protokol mengijinkan router untuk sharing informasi tentang jaringan dan koneksi antar router. Router menggunakan informasi ini untuk membangun dan memperbaiki tabel routingnya.


FUNGSI PROTOCOL ROUTING

       Protokol routing  didesain untuk mendistribusikan informasi yang secara dinamis mengikuti perubahan kondisi jaringan. Dan mengatasi situasi routing yang kompleks secara cepat dan akurat. Protokol routing didesain tidak hanya untuk mengubah ke rute backup bila rute utama tidak berhasil, namun juga didesain untuk menentukan rute mana yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut. Pengisian dan pemeliharaan tabel routing tidak dilakukan secara manual oleh admin.


CARA KERJA PROTOCOL ROUTING

1.RIP(Routing Information Protocol)
       Routing Information Protocol (RIP) adalah sebuah protokol routing yang digunakan dalam lokal dan wide area network. Karena itu RIP diklasifikasikan sebagai interior gateway protocol (IGP). RIP menggunakan routing vektor jarak-algoritma.
Cara Kerja:
-Host mendengar pada alamat broadcast jika ada update routing dari gateway.
-Host akan memeriksa terlebih dahulu routing table lokal jika menerima update routing .

-Host akan memeriksa terlebih dahulu routing table lokal jika menerima.

2.IGRP (Interior Gateway routing)
       Interior Gateway routing Protocol atau yang biasa dikenal dengan sebutan IGRP merupakan suatu protokol jaringan kepemilikan yang mengembangkan sistem Cisco yang dirancang pada sistem otonomi untuk menyediakan suatu alternatif RIP (Routing Information Protocol).
Cara Kerja:
Masing-masing penjaluran secara rutin mengirimkan masing-masing jaringan lokal kepada suatu pesan yang berisi salinan tabel penjaluran dari tabel lainnya. Pesan ini berisi tentang biaya-biaya dan jaringan yang akan dicapai untuk menjangkau masing-masing jaringan tersebut.

3.OSPF (Open Shortest Path Fisrt)
      Open Shortest Path First (OSPF) adalah protokol routing yang dipergunakan dalam Internet Protocol (IP) jaringan. Ini adalah link-state routing protocol dan juga sebagai kelompok interior gateway protokol, yang beroperasi dalam satu sistem otonom (AS).
Cara Kerja:
OSPF harus membentuk hubungan dulu dengan router tetangganya untuk dapat saling berkomunikasi seputar informasi routing. Untuk membentuk sebuah hubungan dengan router tetangganya, OSPF mengandalkan Hello protocol.

4.EIGRP (Enchanced Interior Gateaway Routing Protocol)
       EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) adalah routing protocol yang hanya di adopsi oleh router cisco atau sering disebut sebagai propritary protocol pada cisco. Dimana EIGRP ini hanya bisa digunakan sesama router cisco saja.
Cara Kerja:
EIGRP akan mengirimkan hello packet utk mengetahui apakah router-router tetangganya masih hidup ataukah mati. Pengiriman hello packet tersebut bersifat simultant, dalam hello packet tersebut mempunyai hold time, bila dalam jangka waktu hold time router tetangga tidak membalas, maka router tersebut akan dianggap mati.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PROTOKOL ROUTING

1.Rip (Routing Information Protocol)
Kelebihan:
1.Menggunakan metode Triggered Update.
2.RIP memiliki timer untuk mengetahui kapan router harus kembali memberikan informasi routing.
Kekurangan:
1.Jumlah host Terbatas
2.RIP tidak memiliki informasi tentang subnet setiap route.
3.RIP tidak mendukung Variable Length Subnet Masking (VLSM)

2.IGRP (Interior Gateaway Routing Protokol)
Kelebihan:
1.support = 255 hop count
Kekurangan:
1.   Jumlah Host terbatas

3.OSPF (Open Shortest Path First)
Kelebihan:
1.tidak menghasilkan routing loop.
2.mendukung penggunaan beberapa metrik sekaligus
3.dapat menghasilkan banyak jalur ke sebuah tujuan
Kekurangan:
1.Membutuhkan basis data yang besar
2.Lebih rumit

4.EIGRP (Enchances Interior Gateaway Routing Protocol)
Kelebihan:
1.melakukan konvergensi secara tepat ketika menghindari loop.
2.memerlukan lebih sedikit memori dan proses
3.memerlukan fitur loopavoidance
Kekurangan:
1. Hanya untuk Router Cisco




My Link :
1.www.ddosdanger.blogspot.com

Source / Sumber :



By 
Nama : Meikel Rizky Hartawan
Kelas : XI 5

Comments

Popular posts from this blog

Download ePSXe Playstation Emulator PS1 / PSX

ePSXe Playstation Emulator PS1 / PSX             Ingin bernostalgia dengan memainkan game lawas di android? kini ada caranya mudah sekali loh cara memainkan nya,dengan menggunakan ePSXe emulator kini kita dengan mudah memainkan game PS1 di android.             Dengan hanya menggunakan aplikasi ePSXe dan bios yang telah di download kita dapat memainkan nya dengan hanya mendownload game yang kita inginkan lalu menjalankannya di aplikasi ePSXe, mudah bukan? Berikut Cara Download nya : 1.Klik link download yang telah di sediakan 2.Nanti kalian akan di lanjutkan kebeberapa sub link yang perlu kalian lakukan adalah hanya     dengan menekan tombol download hingga ke end link 3.Setelah itu kalian akan masuk ke website mediafire setelah itu klik link download hijau nya 4.Selesai. Mudah Bukan Cara Download Nya!!! Cara Memainkan Game Nya : 1.Pertama,masuk ke aplikasi ePSXe 2.pilih pilihan jalankan bios  3.pilih dimana bios kalian yang telah kalian download 4.l